Tuesday 16 February 2016

RPP Kewirausahaan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Unit Kerja                  :
Program Keahlian :
Kelas/Semester           : XI / Genap
Mata Pelajaran           : Kewirausahaan
Tahun Pelajaran        : 2011/2012
Alokasi Waktu           : 8  x 45 menit


I.       STANDAR KOMPETENSI
         Merencanakan usaha kecil / mikro

II.     KOMPETENSI DASAR
         Menganalisa aspek-aspek perencanan usaha

III.    INDIKATOR
1.    Menganalisis perencanaan usaha pada aspek pemasaran :
-       Tehnik Menjual / promosi
-       Penetapan Harga
-       Kepuasan Pelanggan / pelayanan prima

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 3-9 pada sub pembelajaran seni menjual dan promosi, diharapkan siswa dapat merencanakan dan membentuk promosi bagi produk usaha baru.
2.    Dengan mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd pene rbit Formatifpada halaman 30-38 pada sub pembelajaran jaringan distribusi dan penetapan harga jual, diharapkan siswa   dapat menentukan saluran distribusi produk yang tepat dan mengetahui dan ikut serta dalam penetapan harga jual produk unit usaha / unit produksi sekolah.
3.    Dengan mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 11-26 pada sub pembelajaran kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi, serta buku ‘Penjualan’ karya Devi Puspitasari halaman 157-174 Bab III melakukan negosiasi, diharapkan siswa mampu mendemostrasikan dan mengimprovisasikan pelayanan yang baik dalam memperlakukan pelanggan serta dapat bernegosiasi secara benar.
4.    Melalui kegiatan demonstrasi mempromosikan produk didepan kelas, siswa dapat mempraktekkan tehnik menjual yang baik.

V.  NILAI KARAKTER
1.Siswa diharapkan mampu mengembangkan sikap  Komunikatif, kreatif, inovatif
2.Siswa diharapkan mampu mengembangkan sikap jujur, peduli sosial
3.Siswa diharapkan mampu menghargai prestasi  



VI.  MATERI POKOK PEMBELAJARAN
a. Materi Pebelajaran 1 Tehnik Menjual / promosi
1. Pengertian Ilmu Menjual
Ø  Menurut J.S Konox
Ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya mau membeli barang  yang ditawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski sebelumnya tak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu tetapi akhirnya tertarik untuk membelinya.
Ø  Menurut K.B Haas dan EC. Perry
Ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterima.
2. Seni Menjual
      Adalah suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian ilmu menjual.
3. Obyek Ilmu Menjual
a)    Penjual
b)    Barang yang dijual

4. Maksud dan tujuan ilmu menjual
      Maksud dan tujuan ilmu menjual adalah melaksanakan kemampuan dalam seni menjual, yaitu menjual kepandaian jasa maupun barang-barang kepada calon pembeli.
5. Faedah dan Fungsi Ilmu Menjual
1)    Membantu dalam melaksanakan kegiatan usaha atau bisnis
2)    Penjual dapat melakukan tugasnya lebih lancer dengan pelanggan
6. Profesi dan Ketrampilan Penjual
         Penjual yang terampil dan prefesional sebagai berikut :
1)    Memiliki kemampuan menjual yang memuaskan pembeli
2)    Memiliki kebanggaaan dengan pekerjaan menjual
3)    Memelihara kebutuhan pribadi dan kemerdikaan dalam menjual
4)    Tidak ketinggalan jaman, karena selalu belajar dalam menjual
5)    Memiliki standar etika  yang tinggi dalam menjual
7. Politik dan Hukum Penjualan
a. Politik Penjualan adalah siasat penjualan untuk memperbesar jumlah penjualan dan menguntungkan serta memuaskan pelanggan
b. Hukum Penjualan adalah tiap orang mau menukarkan barangnya dengan uang, karena ia menganggap bahwa uang itu sangat diharapkan dan akan menguntungkan hatinya
c. Jual beli adalah pertukaran antara dua jenis benda, pikiran, tenaga, jasa, kepandaian, cita-cita, dsb.
8. Sifat-Sifat Penjual
         10 macam sifat kepribadian penjual :
1)    Penuh inisiatif
2)    Penuh Perhatian
3)    Tidak putus asa
4)    Ketajaman daya ingatan
5)    Mudah bergaul
6)    Selalu bergembira
7)    Periang
8)    Disiplin
9)    Sopan santun
10) Bijaksana
  1. Azas-azas Penjualan
a)    Pengetahuan akan dirinya sendiri
b)    Pengetahuan tentang barang yang akan dijual
c)    Pengetahuan tentang calon pembeli
  1. Mental, karakter dan sosial pembeli
a)    Mental Penjual : jujur, imajinatif, inisiatif, percaya diri, ahli, bertanggung jawab, berani, bijaksana, simpatik.
b)    Karakter penjual : patuh, tepat waktu, sungguh-sungguh, rajin, teliti, tulus.
c)    Sosialisasi penjual : tenang, simpatik, toleransi, bijaksana, pandai bergaul.
B. Ketrampilan Teknik Menjual
  1. Cara memperoleh perhatian pembeli
a)    Cara mengadakan kontak dengan pembeli : datang sendiri, melalui perantara orang lain, perantara surat, perantara telepon, pameran.
b)    Cara menghadapi pembeli : menciptakan suasana menyenangkan, mengadakan pendekatan kepada pembeli.
  1. Mendorong keinginan untuk membeli
a)    Alasan membeli : memenuhi kebutuhan, meninggikan harga diri
b)    Keterangan untuk memotifasi pembeli : menerangkan manfaat barang, kualitas barang yang baik dan pantas
c)    Meyakinkan pembeli : jangan mengelabui pembeli, jangan berbohong
  1. Tipe Pembeli atau Pelanggan
a)    The deliberate customers adalah pembeli yang selalu mempertimbangkan barang yang akan dibeli
b)    The undecided customers adalah pembeli yang tidak mengetahui barang apa yang akan dibeli
c)    The know it all customers adalah pelanggan yang mengetahui segalanya
d)    The decided customers adalah pelanggan yang mengetahui dan memutuskan apa yang akan dibeli
e)    The I get discount customers adalah pelanggan yang selalu menghendaki potongan harga dari barang yang dibelinya
f)     The talk active customer adalah pelanggan yang senang mengobrol tetapi tidak mengarah pada pembelian
g)    The silent timid customers adalah pelanggan yang merasa canggung kalau kekurangan pengetahuannya diketahui oleh penjual
h)    The decided but mistaken customers adalah pelanggan yang dalam pikirannya untuk membeli barang tetapi pilihannya tidak sesuai dengan maksud penjualannya
  1.  Alasan Orang Membeli
a)    Product Motives adalah pengaruh pembeli karrena adanya barang tertentu
b)    Patronage Motive adalah alas an pembeli membeli barang karena adanya penyallur atau penjual
c)    Motives manfaat adalah alas an pembeli membeli barang karena adanya manfaat barang atau jasa yang dibelinya
d)    Motives kebanggaan adalah alas an membeli barang karena adanya kebanggaan terhadap barang tersebut
e)    Motives inngin meniru adalah alas an membeli karena ingin meniru orang lain
f)     Motif kuatir dan takut adalah alas an membeli barang karena adanya kekuatiran dan ketakutan akan gejala-gejala yang akan terjadi
g)    Motif ingin mengetahui lebih mendalam adalah alasan membli karena rasa ingin tahu terhadap barang yang akan dibeli
h)    Motif bersaing adalah alasan membeli karena ingin bersaing dengan orang lain
i)      Motif iri hati adalah alas an membeli karena iri hati kepada orang lain
A.    TEKNIK PROMOSI
1.Pengertian Promosi
Promosi adalah memperkenalkan produk, meyakinkan, serta meningkatkan kembali manfaat produk kepada para pembeli, agar mereka mau membeli produk
2.Tujuan Promosi
a.    merubah tingkah laku konsumen
b.    Memberi tahu pasar yang dituju
c.    Membujuk masyarakat konsumen
d.    Meningkatkan masyarakat konumen
3.    Keuntungan Promosi
a.    Meningkatkan opset penjualan
b.    Memperpendek piutang
c.    Meninngkatkan Produksi
d.    Meningkatkan keuntungan
e.    Perputaran modal kerja perusahaan
4.    Sasaran Promosi
a.    Masyarakat konsumen
b.    Pembeli Produk
c.    Pemakai Produk
d.    Pelanggan yang setia
e.    Distributor
f.     Pesaing
g.    Pemerintah

c. Rangkuman
Pengertian Ilmu Menjual
Ø  Menurut J.S Konox
Ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya mau membeli barang  yang ditawarkan dengan cara saling menguntungkan, meski sebelumnya tak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu tetapi akhirnya tertarik untuk membelinya.
Ø  Menurut K.B Haas dan EC. Perry
Ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterima.
2. Seni Menjual
      Adalah suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian ilmu menjual.
3. Obyek Ilmu Menjual
a)    Penjual
b)    Barang yang dijual



b. Materi pembelajaran II Harga Jual
A. Harga jual
Harga jual adalah harga pokok ditambah seluruh biaya promosi dan penjualan yang akan diterima oleh konsumen dan keuntungan yang diharapkan oleh produsen.
B. strategi harga jual
Pengertian tentang harga jual adalah harga franko, harga jual untuk agen, harga toko.jika distribusi dimasukkan sebagai biaya yang harus ditanggung, ini disebut harga franko, sedangkan yang dimaksud harga toko adalah harga jual produk dilokasi pabrik atau toko tanpa memperhitungkan biaya distribusinya.
Unsure-unsur pembiayaan dan laba yang diharapkan yaitu:
1. perkiraan keuntungan  
2. harga perolehan barang
3. biaya pemeliharaan barang
4. biaya lain-lain
C. tujuan menentukan harga jual
Tujuan penetapan harga jual meliputi
a. tujuan yang berorientasi pada laba
penetapan harga penjualan yang berorientasi pada laba ada 2 macam yaitu:
- jangka panjang
- jangka pendek
b. tujuan yang berorientasi pada volume penjualan
penetapan harga suatu produk harus dipertimbangkan berdasarkan:
- tujuan pemasaran
- peran harga dalam bauran pemasaran
- biaya pembelian dari pemasok
- biaya pengiriman
- biaya penyimpanan
- biaya pengadaan
- persediaan penjualan   

c. materi pembelajaran ke III Kepuasan Pelanggan

Konsep kepuasan pelanggan adalah peningkatan rasa puas yang dimiliki oleh konsumen atas penggunaan barang dan jasa yang telah dijual.
Cara untuk mengenali perubahan pada pelanggannya yaitu:
-          adanya penjualan barang dan jasa kepada para pelnggan secara kontinu dan lancar
-          adanya pengembalian barang atau jasa oleh para konsumen
-          menambah kontak dengan pelanggan mungkin tidak akan mempengaruhi penjualan barang dan jasa
-          memeriksa apakah ada penurunan dalam penjualan kredit oleh pelanggan tetap atau adanya penurunan dalam jumlah penjualan


pengertian kepuasan pelanggan diantaranya:
a. kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang ia rasakan dibandingkan harapan.
b. Kepuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaiannya
Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari:
a. membeli lagi atau berlangganan lagi
b. mengatakan hal-hal yang baik tentang perusahaan kita kepada orang lain
c. kurang bisa merk dan iklan dari produk pesaing
d. membeli produk lain dan perusahaan lain
ada 4 harapan yang diinginkan pelanggan yaitu:
a. kegunaan yaitu kebutuhan dan manfaat produk barang dan jasa
b. kinerja
c.  harga
d. penyajian produk barang dan jasa
c. Rangkuman
pengertian kepuasan pelanggan diantaranya: kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang ia rasakan dibandingkan harapan. Kepuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaiannya. Kepuasan pelanggan dapat dilihat dari:
a. membeli lagi atau berlangganan lagi
b. mengatakan hal-hal yang baik tentang perusahaan kita kepada orang lain
c. kurang bisa merk dan iklan dari produk pesaing
d. membeli produk lain dan perusahaan lain

VII.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

PERTEMUAN I (2 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
PBKB
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brainstorming tentang materi yang akan dipelajari
·           Brainstorming tentang tujuan yang akan dipelajari

5’
- Religius
-Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara individual, siswa mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd pada halaman 3-9 pada sub pembelajaran seni menjual dan promosi
·           Secara klasikal, siswa mendengarkan informasi guru tentang:
ü   Kompetensi yang ingin dicapai
ü        Demonstrasi atau penyajian materi tentang pembelajaran seni menjual dan promosi.
·           Secara individual, siswa merencanakan dan membentuk konsep promosi bagi produk usaha baru.
·           Secara individual, siswa mendengarkan semua informasi guru yang terkait tentang tata cara berpromosi.
70’



§ Pandai berkomunikasi
§ Inisiatif
§ kreatif
§ kerja keras

3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : proses dan produk.
·           Follow up : guru memberikan tugas demonstrasi tehnik promosi pada siswa pada pembelajaran berikutnya.

5’

·    Mandiri




PERTEMUAN II dan III (4 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
PBKB
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brain Gym

5’
·     Religius
·     Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara klasikal, siswa mendengarkan informasi guru tentang:
ü   Kompetensi yang ingin dicapai
ü   Demonstrasi atau penyajian materi tentang pembelajaran seni menjual dan promosi.
·           Secara individual, siswa merencanakan dan membentuk konsep promosi bagi produk usaha baru.
·           Secara Klasikal siswa mendemonstrasikan cara berpromosi bagi produk usaha baru didepan kelas.
·           Secara sampling, siswa diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya untuk menilai hasil penampilan dari semua siswa tentang tata cara berpromosi.
·           Secara individual, siswa mendengarkan semua informasi guru yang terkait tentang tata cara berpromosi.
70’



·  Gemar membaca
·  Mandiri
·  Komunikatif
·  kreatif

3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : Guru menyampaikan hasil evaluasi proses demonstrasi tata cara berpromosi siswa didepan kelas
·           Follow up : guru memberikan tugas pendalaman materi pembelajaran berikutnya dengan mempelajari materi pada buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd pene rbit Formatifpada halaman 30-38 pada sub pembelajaran jaringan distribusi dan penetapan harga jual.

5’

·    Disiplin


PERTEMUAN IV (2 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
PBKB
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brainstorming tentang materi yang akan dipelajari
·           Brainstorming tentang tujuan yang akan dipelajari

5’
- Religius
-Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara individual, siswa mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 30-38 pada sub pembelajaran jaringan distribusi dan penetapan harga jual.
·           Secara klasikal, siswa mendengarkan informasi guru tentang:
ü   Kompetensi yang ingin dicapai
ü   Demonstrasi atau penyajian materi tentang jaringan distribusi dan penetapan harga jual.
·           Secara individual, siswa mendemonstrasikan cara merancang jaringan distribusi dan penetapan harga jual.
·           Secara sampling, siswa diberi kesempatan menjelaskan hasil rancangan jaringan distribusi dan penetapan harga jual didepan kelas.

80’



·  Rasa ingin tahu
·  Komunikatif
·  Mandiri, kreatif

3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : proses dan produk
·           Refleksi : guru menyampaikan hasil evaluasi proses dan produk
·           Follow up : guru memberikan tugas pendalaman materi pembelajaran berikutnya dengan mempelajari materi pada buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 11-26 pada sub pembelajaran kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi, serta buku ‘Penjualan’ karya Devi Puspitasari halaman 157-174 Bab III melakukan negosiasi.

5’

·    Mandiri



PERTEMUAN V (2 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
PBKB
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brainstorming tentang materi yang akan dipelajari
·           Brainstorming tentang tujuan yang akan dipelajari

5’
- Religius
-Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara individual, siswa mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 11-26 pada sub pembelajaran kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi, serta buku ‘Penjualan’ karya Devi Puspitasari halaman 157-174 Bab III melakukan negosiasi.
·           Secara klasikal, siswa mendengarkan informasi guru tentang:
ü   Kompetensi yang ingin dicapai
ü   Demonstrasi atau penyajian materi tentang kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi.
·           Secara kelompok, siswa membuat konsep drama untuk mendemonstrasikan cara memperlakukan pelanggan dengan benar (pelayanan prima) kepuasan pelanggan.
·           Secara individual, siswa mendengarkan semua informasi guru yang terkait tentang memperlakukan pelanggan dengan benar  (kepuasan pelanggan).
80’



·  Rasa ingin tahu
·  Komunikatif
·  Mandiri, kreatif

3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : proses dan produk
·           Refleksi : guru menyampaikan hasil evaluasi proses dan produk,
·           Follow up : guru memberikan tugas pendalaman materi pembelajaran berikutnya dengan mempelajari materi pada buku

5’

·    Mandiri




PERTEMUAN VI  (2 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
PBKB
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brainstorming tentang materi yang akan dipelajari
·           Brain Gym

5’
- Religius
-Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara individual, siswa mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 11-26 pada sub pembelajaran kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi, serta buku ‘Penjualan’ karya Devi Puspitasari halaman 157-174 Bab III melakukan negosiasi.
·           Secara klasikal, siswa mendengarkan informasi guru tentang:
ü   Kompetensi yang ingin dicapai
·           Demonstrasi atau penyajian materi tentang kepuasan pelanggan.
·           Secara individual, siswa mendemonstrasikan cara memperlakukan pelanggan dengan benar (pelayanan prima) kepuasan pelanggan.
·           Secara sampling, siswa diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya tentang hasil penampilan dari siswa yang maju didepan kelas.
·            Secara individual, siswa mendengarkan semua informasi guru yang terkait tentang memperlakukan pelanggan dengan benar  (kepuasan pelanggan) dan melakukan negosiasi yang baik dan benar.
80’



·  Komunikatif
·  Mandiri, kreatif
·  demokratis

3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : proses dan produk
·           Refleksi : guru menyampaikan hasil evaluasi proses dan produk,
·           Follow up : guru memberikan tugas pendalaman materi pembelajaran berikutnya dengan mempelajari materi pada buku

5’

·    Mandiri



PERTEMUAN VI (2 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
PBKB
Waktu
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brainstorming tentang materi yang akan dipelajari
·           Brainstorming tentang tujuan yang akan dipelajari
- Religius
-Rasa ingin tahu

5’
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara individual, siswa mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 11-26 pada sub pembelajaran kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi, serta buku ‘Penjualan’ karya Devi Puspitasari halaman 157-174 Bab III melakukan negosiasi.
·           Secara klasikal, siswa mendengarkan informasi guru tentang:
ü   Kompetensi yang ingin dicapai
ü   Demonstrasi atau penyajian materi tentang negosiasi.
·           Secara individual, siswa membuat konsep drama melakukan negosiasi baik dan benar.
·           Secara individual, siswa mendengarkan semua informasi guru yang terkait tentang melakukan negosiasi yang baik dan benar.



·  Komunikatif
·  Mandiri, kreatif
·  Demokratis

80’
3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : proses dan produk
·           Refleksi : guru menyampaikan hasil evaluasi proses dan produk,
·            Follow up : guru memberikan tugas pendalaman materi pembelajaran berikutnya dengan mempelajari materi pada buku

·    Mandiri



5’

PERTEMUAN VII DAN VIII (4 X 45 menit)

No.
Langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Waktu
PBKB
1.
Kegiatan Awal
·           Melakukan kegiatan harian kelas (salam, do’a, presensi, penataan posisi siswa)
·           Appersepsi
·           Brainstorming tentang materi yang akan dipelajari
·           Brain Gym

5’
- Religius
-Rasa ingin tahu
2.
Kegiatan Inti
Model pembelajaran yang dipakai adalah DEMONSTRATION, dengan skenario sebagai berikut:
·           Secara individual, siswa mencermati bacaan dalam buku Kewirausahaan XIb untuk SMK karya Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd penerbit Formatif pada halaman 11-26 pada sub pembelajaran kepuasan pelanggan dan melakukan negosiasi, serta buku ‘Penjualan’ karya Devi Puspitasari halaman 157-174 Bab III melakukan negosiasi.
·           Secara kelompok, siswa mendemonstrasikan cara negosiasi yang benar.
·           Secara sampling, siswa diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya tentang hasil penampilan dari siswa yang maju didepan kelas.
·            Secara individual, siswa mendengarkan semua informasi guru yang terkait tentang memperlakukan pelanggan dengan benar  (kepuasan pelanggan) dan melakukan negosiasi yang baik dan benar.

80’



·  Komunikatif
·  Mandiri, kreatif
·  Demokratis
·  Kerja keras


3.
Kegiatan Akhir
·           Evaluasi : proses dan produk
·           Refleksi : guru menyampaikan hasil evaluasi proses dan produk,
·           Follow up : guru memberikan tugas pendalaman materi pembelajaran berikutnya dengan mempelajari materi pada buku

5’

·    Mandiri



VII.  METODE PEMBELAJARAN
1.    Demonstrasi
2.    Ceramah bervariasi
3.    Pemberian tugas

VII.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.        Perlengkapan demonstrasi yang dipakai untuk drama yang dibuat siswa, misal: buku, perlengkapan kosmetik, dll
2.        LCD.
3.        Alat tulis : pensil H/HB, penghapus warna hitam, pensil merah-biru, pulpen (hitam), spidol bordmarker warna hitam, merah dan biru.

VIII. SUMBER PEMBELAJARAN
1.  Ir. H. Purwo Sutanto dan Koes Wardiyanti S.Pd. Kewirausahaan Xib semester genap untuk SMK tehnik dan non tehnik. Jawa Tengah:  Penerbit Viva Pakarindo
2.  Devi Puspitasari. Penjualan untuk SMK jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 

IX.    PENILAIAN
1.        Prosedur                 :    Penilaian dilakukan dengan  2 cara, yaitu proses dan    penilaian produk/tugas. Penilaian proses dilakukan sepanjang proses pembelajaran berkaitan dengan kualitas aktivitas belajar siswa, sedangkan penilaian produk dilakukan pada akhir pembelajaran berkaitan dengan hasil belajar siswa.
2.        Jenis penilaian        :    Non tes dan tes.
3.        Bentuk Penilaian    :    -     Pengamatan aktivitas
-       Tes tertulis
4.        Alat Pengukuran    :    -     Lembar observasi
-       Butir-butir tes



Mengetahui,                                                                            
Kepala UPTD SMK                                                             Pembina Program Diklat








FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenis sekolah              : SMK    
Program Keahlian     :                                                                                                               Jumlah soal             : 10
Mata pelajaran          : KEWIRAUSAHAAN                                                                             Alokasi waktu          :  menit
Kurikulum                 : KTSP SPEKTRUM                                                                             Penyusun                 :                                                                                                                             
                                                                                                                                            
No.
Urut
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
Kelas /
Semester
Materi
Indikator
Bentuk Soal Tes
Tertulis / Praktik
No.
Soal
Bobot
Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.













Merencanakan Usaha kecil / micro






Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha.

XI/Genap
§ Seni menjual dan teknik promosi
§ Harga jual
§ Saluran dan jaringan distribusi
§ Kepuasan pelanggan
§ Negosiasi

1.   Merencanakan dan membuat bentuk promosi bagi produk usaha sekolah

2.   Menentukan saluran distribusi produk yang tepat

3.   Mengetahui dan ikut serta dalam  penetapan harga jual produk unit usaha/unit produksi sekolah

4.   Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan oleh unit usaha/unit produksi  sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
Tertulis



Tertulis


Tertulis



Tertulis



3



1


1




5










SOAL TES TERTULIS (ESSAY)

A.     Jawablah pertanyaan di bawah ini denga benar dan tepat!
1.    Sebutkan lima macam sifat kepribadian penjual !!
2.    Mengapa hukum penjualan mengatakan bahwa setiap orang selalu mau menukarkan barangnya dengan uang???
3.    Apa keuntungan yang didapat oleh perusahaan apabila menggunakan media promosi ??
4.    Sebutkan tiga pokok saluran distribusi !!
5.    Toko Amanda memproduksi roti tiramisu sebanyak 1000 unit, biaya produksi yang dikeluarkan :
·         Biaya bahan baku         Rp     8.000.000
·         Biaya tenaga kerja        Rp     1.000.000
·         Biaya transportasi         Rp        500.000
·         Biaya lain-lain               Rp        500.000
Total biaya                    Rp           10.000.000
Keuntungan yang diinginkan adalah 25% maka berapa harga produk satuannya ??
6.    Sebutkan tiga alasan terjadinya negosiasi !!
7.    Apakah yang dimaksud dengan strategi menang – kalah ???
8.    Sebutkan faktor yang mempengaruhi keberhasilan negosiasi !!!
9.    Sebutkan 3 konsep pelayanan prima yang anda ketahui !!!
10.  Bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan ??




KUNCI JAWABAN

1. Macam-macam sifat kepribadian penjual yaitu
·         Inisiatif                                                          periang
·         Penuh perhatian                                           lurus hati
·         Tidak putus asa                                            sopan santun
·         Ketajaman daya ingat                                  bijaksana
·         Mudah bergaul                                             disiplin
2. karena tiap orang mau menukarkan barangnya dengan uang karena menganggap bahwa uang itu sangat diharapkan dan akan menguntungkan serta memuaskan hatinya
3. Keuntungan promosi yaitu :
- dapat menungkatkan omset penjualan
- dapat memperpendek piutang-piutang perusahaan
- mengingatkan para pembeli tentang barang-barang yang akan dibeli
- membentuk produk motif (mau membeli karena barang-barang tertentu)
- meningkatkan barang-barang agar menjadi lebih terkenal
- mempercepat perputaran modal kerja perusahaan
4. 3 pokok saluran distribusi
a. Secara langsung
Produk yang dihasilkan produsen disampaikan sevara labgsung ketangan konsumen akhir tanpa perantara





produsen
 

Konsumen
 
 









b. secara semi langsung
produk yang dihasilkan produsen disampaikan kepada konsumen melalui saluran milik produsen







produsen
 

Retailler / pedagang eceran
 

Konsumen
 

 




c. secara tidak langsung
produk yang dihasilkan produsen disampaikan kepada konsumen melalui tingkatan pedagang










produsen
 

Pedagang besar
 

Pedagang eceran
 

Konsumen
 

 





5.  Total biaya         +     keuntungan yang diinginkan   =  harga jual
      Total unit

Rp 10.000.000  +    ( Rp. 10.000.000 X 25%)       =
                      1000 unit

Rp 10.000.000  +   Rp. 2.500.000 =  Rp 12.500.000  =  Rp 12.500
                     1000 unit                             1000

Jadi harga jual tiap tiramisu sebesar Rp 12.500/unit

6. alasan terjadinya negosiasi :
- pihak-pihak yang berkepentingan
- ada suatu masalah yang dirundingkan.
-ada keinginan untuk mencapai kesepakatan dalam membagi hak atau kewajiban.
- ada upaya menjaga kehormatan masing masing pihak.
- ada upaya untuk menyelesaikan persengketaan yang telah teerjadi dan menghindarkan persengketaan di masa yang akan datang.

7. Strategi menang kalah adalah strategi perundingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan pihak lain.
8. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan negosiasi.:
    - Pokok permasalahan dapat dirundingkan atau tidak.
    - Pihak pihak yang terlibat bersedia menerima dan mampu memberikan sesuatu yang berarti dan bernilai sebagi penukaran.
    - Adanya kepercayaan.
9. Konsep konsep pelayanan prima
·         Pelayanan prima berdasaekan konsep sikap (attitude) yaitu memberikan pelayanan dengan menonjolkan sikap yang baik,sikap menghargai,berpikir positif, dan berpenampilan serasi.
·         Pelayanan prima berdasarkan konsep pehatiaan (attention) merupan pelayanan dengan menonjolkan kepedulian kepada pelanggan. Seperti mencurahkan perhatiaan penuh kepada pelanggan, mendengarkan dan memahami kebutuhan kebutuhan pelanggan serta mengamati prilaku pelanggan.
·         Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan (action). Pelayanan dengan melakukan tindakan tertentu adalah sebagai berikut:
1)      Terhadap pelanggan intern (dalam perusahaan), antara lain memberikan fasilitas yang dibutuhkan pegawai sesuaikemampuan perusahaan, memberikan konsultasi kerja kepada pegawai, melakukan tindakan nyata bagi pegawai intern, melakukan analisis atas kebutuhan pegawai, serta melakukan penelitian kebutuhan pegawai perusahaan.
2)      Terhadap pelanggan ekstern antara lain memberikan pelayanan purna jual, memberikan konsultasi mengenai keadaan produk atau demonstrasi penggunaannya, memberikan pelayanan kepada pelanggan tepat waktu, mencatat pesanan kebutuhan barang dan jasa pelanggan, melakukan produksi untuk menyediakan kebutuhan pelanggan, serta melakukan survei dan mencatat kebutuhan pelanggan.
10. Cara meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu:
·      Meningkatkan layanan kepada pelanggan
·      Meningkatkan kualitas produk
·      Mempertahankan hubungan dengan pelanggan
·      Memelihara proses bisnis
·      Merealisasikan komunikasi

No comments:

Post a Comment