Tuesday 29 November 2016

Soal Pilihan Ganda dan Esay materi Penataan Produk gasal

A.    Pilihlah salah satu jawaban  A,B,C,D atau Huruf E yang dianggap paling tepat! 
                  1. Display adalah …
a. Suatu cara penjualan produk
b. Suatu cara penawaran barang
c. Suatu penyimpanan produk
d. Penataan barang dagangan ditempat tertentu dengan tujuan menarik konsumen.
e. Suatu cara pendekatan kepada calon pembeli.
2. Desire dan action customer adalah tujuan display  untuk ….
a. Menimbulkan keinginan memiliki barang dan melakukan Pembelian.
b. Menarik perhatian dan membangkitkan gairah ingin tahu pembeli.
c. Menarik perhatian dan menimbulkan keinginan membeli barang.
d. Menarik perhatian dan bertindak melakukan pembelian.
e. Membangkitkan gairah ingin tahu dan menimbulkan keinginan memiliki barang.
3.Pengaturan warna produk akan mempengaruhi pemajangan. Warna Gelap sebaiknya dipajang
a. Pada bagian atas
b. Pada bagian sisi kiri
c. Pada bagian sisi kanan
d. Pada bagian bawah
e. Pada bagian sisi kiri dan sisi kanan
4. Barang yang mempunyai daya tarik sangat rendah tetapi memberikan Manfaat yang sangat tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang Adalah …
a. Deficient product
b. Pressing product
c. Speciality product
          d. Shopping goods 
e. Solutary product
5. Barang yang pada saat membeli harus mempertimbangkan baik mutu,harga, Maupun halnya disebut …
a.    Convenience goods
b.     Speciality goods
c.     Barang impulsive
d.    Shopping goods
e.     Convenience goods
6. Barang yang tidak diketahui atau diketahui konsumen, namun secara normal tidak berpikir untuk membelinya adalah…
a. Industrial goods
b. Unsought goods
c. Speciality goods
d. Shopping goods
e. Convenience goods
7. Memajang barang dagangan dibagian depan took yaitu pada etalase adalah…
a. Display 
b. Lay out
c. Interior display
d. Window display
e. Eksterior display
8. Barang – barang berharga seperti perhiasan emas , jam tangan , handphone biasanya dipajang secara …
a. Window display 
b. Open interior display
c. Close interior display
d. Architeciural display
e. Eksterior display
9. Salah satu fungsi dari fungsi dari eksterior display adalah …
a. Untuk menumbuhkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana took.
b. Memancing pembeli dengan pemanjangan barang-barang istimewa yang dijual ditoko.
c. Untuk memberi kesempatan calon melihat, memegang dan menelit barang.
d. Memperhatikan kegunaan barang
e. Membangun hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat.

10. Tanda atau symbol yang digunakan untuk membimbing calon pembeli ke arah barang dagangan disebut …
a.Display
b. Strore sigh
          c. Dealer display
d. Decoration
e. Architectural Display
11. Penataan produk juga bisa disebut sebagai………………
a.  Account
b.  Display
c.  Custom
d.  Segmentation
e.  Position
12.   “display” dalam pengertian bahasa Indonesia adalah………………………….
a.    Keberhasilan dalam menjual suatu produk
b.    Suatu cara untuk menarik minat konsumen untuk melihat barang/produk
c.    Timbulnya keinginan untuk memiliki barang
d.    Memajang barang produk
e.    Keuntugan produk/ barang
13.  Tujuan dari display berikut, kecuali…………..
a.    Menarik perhatian dan menimbulkan keinginan memiliki barang
b.    Mengelola barang
c.    Memproses pengadaan barang
d.    Menjual barang
e.    Pemajangan barang
14.  Memajang barang, gambar, kartu harga, symbol di depan toko untuk mencari konsumen disebut………………..
a.    Interest customer
b.    Attention
c.    Action Customer
d.    Window display
e.    Desire
15.  Tujuan dari window display dibawah ini, adalah…………….
a.    Agar produk terjual
b.    Bisa dinikmati oleh pengunjung
c.    Pengelolaan barang
d.    Memajang barang
e.    Menimbulkan daya tarik terhadap seluruh suasana toko
16.  Interior display terdiri dari…………macam
a.    3 macam
b.    2 macam
c.    1 macam
d.    4 macam
e.    5 macam
17.  Yang dimaksud dengan Closed Display adalah………….
a.    Tidak bisa dilihat
b.    Tidak bisa dipegang
c.    Barang yang dipajang dalam keadaan tertutup
d.    Tidak bisa diteliti
e.    Barang/produk yang disembunyikan
18.  Barang yang dipajang ditempat terbuka, sehinggga dapat dihampiri, dipegang, dilihat, dan diteliti pembeli   disebut………………
a.    Exterior display
b.    Display
c.    Dealer display
d.    Open display
e.    Interior Display
19.  Memperlihatkan barang di luar toko, seperti obral/pasar malam disebut sebagai……………………..
a.    Exterior display
b.    Decoration Display
c.    Closed Display
d.    Interior display
e.    Window Display
20.  Yang dimaksud dengan dealer display adalah………………….
a.    Memperlihatkan barang dalam penggunaan seperti contoh
b.    Memajang produk atau barang dilantai
c.    Barang yang dipajang dalam keadaan tertutup
d.    Barang yang dipajang dalam keadaan terbuka
e.    Penataan dengan cara member symbol, petunjuk dan kegunaan produk itu sendiri.
21.  Kepanjangan dari SOP adalah…………………..
a.    Standart Operating Procedure
b.    Standart Operating Produksi
c.    Sistem Operating Produksi
d.    Sistem  Operasi Produksi
e.    Sistem Operating Production
22.  SOP adalah…………………………….
a.    Penataan produk
b.    Sistem yang digunakan oleh produsen barang
c.    Langkah penataan produk yang dijadikan acuan untuk menarik pembeli
d.    Standart produksi
e.    Sistem pengoprasian produk yang digunakan untuk menarik pembeli
23.  Menata produk bisa disebut juga……………………..
a.    Penataan                                                   d. Visual Merchant
b.    Visual Merchandaising                              e. Visualitation
c.    Merchant
24.  Perlengkapan yang diperlukan untuk menyusun VM adalah …….
a.    Tabel                                                         d. Bar code
b.    Kode barang                                             e. Harga jual
c.    Label dan display
25.  Ketentuan label harus memuat informasi-informasi seperti di bawah ini, kecuali ……
a.    GMS                                                         d. Tanggal
b.    Bar code                                                   e. Kode
c.    Size (ukuran)
26.  Yang dimaksud dengan display adalah ……
a.    Penampilan produk agar tidak menarik konsumen
b.    Menampilkan, meletakkan produk pada suatu tempat sehingga menarik perhatian konsumen
c.    Peletakan barang di estalsase
d.    Penampilan produk yang akan dijual
e.    Peletakan barang yang sesuai dengan kategori
27.  Yang dimaksud dengan gondola adalah …………
a.    Rak tempat barang-barang
b.    Peralatan toko
c.    Peralatan display yang terdiri dari rak panjang secara utuh
d.    Pen-display
e.    Kayu yang diletakkan sebagai dasar
28.  Kepanjangan dari POP adalah ………….
a.    Prepare Organization Point                      d. Point Of Purchase
b.    Point Of Procedure                                   e. Point Of Prepare
c.    Point Of Promotion
29.  Display di swalayan yang harus diperhatikan adalah penggunaan ruangan, disesuaikan dengan ……….
a.    Jenis merek
b.    Jenis kode barang
c.    Tipe
d.    Ukuran barang produk
e.    Kategori produk dan ukuran kemasan
30.  Pendisplay-an yang baik akan memudahkan konsumen, kecuali ……..
a.    Membayar Produk                                          d. Sesuai Keinginan Konsumen
b.    Melihat Produk                                               e. Selera konsumen
c.    Memilih Barang
31.  Salah satu hak konsumen adalah ………………………
a.    Hak mendapatkan advokasi
b.    Hak untuk melakukan pembelaan diri sepatutnya
c.    Hak untuk rehabilitasi nama baik
d.    Hak untuk menerima pembayaran sesuai dengan kesepakatan
e.    HAk membaca atau untuk mengikuti petunjuk informasi
32.  Salah satu kewajiban konsumen adalah …………………..
a.    Memberi konvensasi ,ganti rugi
b.    Memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur
c.    Menjamin muti barang dan jasa yang diperdagangkan
d.    Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan pemakaian
e.    Melakukan pembelaan diri sepatutnya
33.  Salah satu tujuan penataan produk adalah ……………
a.    Memudahkan penjualan barang
b.    Memudahkan pemeliharaan
c.    Memudahkan pelayanan penjualan
d.    Memudahkan pemasaran barang
e.    Memudahkan penggolongan  barang
34.  Suatu tempat untuk menjual barang tertentu yang sesuai dengan spesifikasi produk yang dijualnya adalah ……………….
a.    Departement stort                                                 d.  Toko
b.    Supermarket                                                         e.   Pasar Tradisional
c.    Counter 
35.  Ruang toko diatur dengan  rapih dan indah  serta diberi sentuhan seni supaya dapat menciptakan ………………
a.    Image baik kepada pelanggan
b.    Omset penjualan meningkat
c.    Rasa senang didalam toko
d.    Suasana semarak didalam toko
e.    Toko yang modern
36.  Tujuan dari penataan ruangan yang indah dan rapi adalah ……………
a.    Toko ramai dikunjungi
b.    Situasi ruangan nyaman, semarak dan enak dipandang
c.    Pramuniaga tidak merasa cepat lelah
d.    Barang tertata rapi
e.    Barang tetap terpelihara
37.  Salah satu yang perlu diperhatikan pada tata letak dalam toko, antara lain adalah …………
a.    Menata produk secara rapi
b.    Barang yang ditata harus baru
c.    Memposisikan produk harus sesuai dengan katagori
d.    Menambah hiasan-hiasan
e.    Menempatkan petugas pada counter
38.  Dalam tata letak produk diperlukan peralatan dan perlengkapan di antaranya rak yang disebut juga ……………….
a.    Shelving                                                                             d.   Showcase
b.    Wagon                                                                                e.  Wng Strage
c.    Clip strip
39.  Dalam penataan produk pada supermarket harus sesuai dengan tehnik pemajangan dan ….
a.    POP                                                        d.  COC
b.    SKU                                                        e.  SOP
c.    PLU
40.  Keterampilan yang harus dimiliki dalam memotinitor penataan produk adalah…
a.    Mengawasi produk yang dipajang
b.    Mengevaluasi display
c.    Mengidentifikasi kerusakan pada display
d.    Mengevaluasi, mengidentifikasi kerusakan dan mengatasi setiap perubahab pd display
e.    Memperbaiki penataan produk

B. Jawablah soal dibawah ini dengan jelas dan benar !
1. Apa yang dimaksud dengan display uraikan !
2.  Tuliskan fungsi  dari Window display
3. Uraikan cara menata produk pada wing stage
4. Apa perbedaan Barang convenienice goods dengan barang unsought uraikan!
5. Bagaimana SOP display diswalayan untuk barang supermarket uraikan !        


9 comments: