NAMA SEKOLAH :
SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X / 1,2
STANDAR KOMPETENSI : Menata produk
KODE KOMPETENSI : PDG.OO 03.025.01
ALOKASI WAKTU :
72 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Menginterpretasikan
perencanaan visual penataan produk
|
§ Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
§ Menyebutkan sumber daya yang
dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
§ Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak
pada perencanaan
§ Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai
perencanaan.
|
§ UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen
§ SOP penataan produk
§ Pengetahuan barang
|
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam engidentifikasi
barang
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam Menata produk sesuai
prosedur perusahaan
§ Menjelaskan SOP penataan produk dari suatu perusahaan
§ Menjelaskan jenis, macam dan spesifikasi barang
§ Menjelaskan Kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia
bagian 2
§ Mengidentifikasi
barang
§ Menata produk sesuai prosedur perusahaan
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
3
|
8
(16)
|
13
(52)
|
§ Modul
§ SOP Perusahaan
|
2. Memonitor penataan atau display produk
|
§ Display produk dimonitor secara teratur untuk
me-mastikan bahwa sesuai dengan perencanaan penataan produk
|
§ UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen
§ SOP penataan produk
§ Pengetahuan barang
|
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam mengevaluasi
display produk sesuai dengan perencanaan
§ Menjelaskan UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan
konsumen
§ Menjelaskan SOP penataan produk
§ Menjelaskan spesifikasi barang
§ Mengevaluasi display produk sesuai dengan perencanaan
§ Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
3
|
8
(16)
|
13
(52)
|
§ Modul
§ SOP Perusahaan
|
|
§ Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada
display produk
§ Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk
mengatasi setiap perubahan pada display
|
|
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam mengidentifikasi
kerusak-an atau perubahan pada display produk
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam mengatasi
setiap peru-bahan pada display
§ Menjelaskan Kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia
bagian 2 temntang perilaku konsumen
§ Mengatasi setiap perubahan pada display
|
|
|
|
|
|
3.
Menjaga
display produk agar tetap sesuai dengan standar perusahaan dan perencanaan
|
§ Display produk dijaga agar tetap bersih dan rapi
§ Penambahan atau peru-bahan pada display kalau perlu
dilakukan agar display konsisten ter-hadap perencanaan penataan produk.
§ Standar perusahaan dalam penataan produk tetap dijaga
dalam display.
|
§ UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen
§ SOP penataan produk
§ Pengetahuan barang
|
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam membuat display
produk agar tetap konsisten terhadap perencanaan penataan produk
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam merawat display produk agar bersih dan rapi
§ Menjelaskan UU No 8 Th 99 pasal 7 tentang perlindungan
konsumen
§ Menjelaskan SOP penataan produk
§ Menjelaskan spesifikasi barang
§ Menjelaskan cara mem-buat display
§ Menjelaskan cara mera-wat display product
§ Membuat display produk agar tetap konsisten terhadap
perencanaan penataan produk
§ Merawat display produk agar bersih dan rapi
|
· Tes tertulis
· Tes perbuatan
|
3
|
8
(16)
|
13
(52)
|
· Modul
· SOP Perusahaan
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH
PURWOSARI
MATA PELAJARAN : Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER : XI / 3,4
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan negosiasi
KODE KOMPETENSI : PDG.OO 02.028.01
ALOKASI WAKTU :
56 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Memberikan tanggapan
terhadap keberatan yang muncul dari calon pelanggan
|
§ Keberatan tersebut ditanggapi dengan me-nunjukkan sikap simpati dan
empati
§ Target pelanggan dite-nangkan dan dibesarkan
hatinya
§ Keberatan calon pelang-gan diidentifikasi berda-sarkan jenis dan
tingkat-annya
§ Setiap keberatan ditampung dan dan disalurkan dalam
proses tawar-menawar
|
§ Perilaku konsumen
§ Pelayanan pelanggan
|
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam mengidentifikasi keberat-an
calon pelanggan
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam menanggapi keberatan pelanggan
§ Menjelaskan perilaku konsumen
§ Menjelaskan cara memo-tivasi calon pelanggan
§ Menjelaskan Pelayanan purna jual
§ Mengidentifikasi keberat-an calon pelanggan
§ Menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap simpati dan empati
|
§ Tes
tertulis
§ Perbuatan
§ Pengamatan
|
5
|
3
(6)
|
8
(32)
|
§ Modul
|
2. Melakukan
proses tawar menawar dengan calon pelanggan
|
§
Calon pelanggan ditekan-kan tentang
keunggulan produk dan perbandingan dengan produk pesaing
§ Kelemahan produk di-kemas sehingga tidak signifikan
§ Alternatif
solusi terhadap keberatan dan kesulitan yang dihadapi oleh calon
pelanggan diidentifikasi dan disusun
§ Batasan wewenang nego-siasi yang dimiliki harus
diketahui, dipahami, dan dikonfirmasikan kepada pimpinan
|
§
Pengetahuan tentang produk
§
UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan
konsumen
|
§
Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab
menyam-paikan keunggulan produk yang ditawarkan
§
Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam
mengidentifikasi keberat-an dan kesulitan pelang-gan
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam memberi solusi terhadap
kesulitan pelanggan
§
Menjelaskan spesifikasi produk
§
Menjelaskan Standar mutu produk
§ Menjelaskan UU No. 8 tahun 1999 tentang per-lindungan konsumen
§ Menunjukkan keunggulan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan produk
pesaing
§
Mengidentifikasi keberatan dan kesulitan
pelanggan
§ Mencari solusi terhadap keberatan dan kesulitan pelanggan
|
§ Tes
tertulis
§ Pengamatan
|
6
|
6
(12)
|
8
(32)
|
§ Modul
§ UU No. 8
Th. 1999
|
3. Memotivasi,
meyakinkan, dan mendorong calon pelanggan ke arah kesepakatan
|
§ Ketertarikan target pelanggan terhadap produk
dipertahankan
§ Target pelanggan diarahkan untuk melangkah maju ke tahap kesepakatan
§ Target pelanggan diberi-kan alternatif akses
infor-masi untuk negosiasi lebih lanjut, seperti pihak pimpinan
|
§ Motivasi pelanggan
§ Perilaku konsumen
|
§ Cermat, teliti dan ber-tanggungjawab dalam memotivasi pelanggan agar
terjadi kesepakatan
§ Menjelaskan langkah-langkah memotivasi pelanggan
§ Menjelaskan pelayanan purna jual
§ Menjelaskan perilaku konsumen
§ Memotivasi pelanggan untuk mencapai kesepa-katan
|
§
Tes tertulis
§
Tes lisan
|
6
|
6
(12)
|
8
(32)
|
§ Modul
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA
PELAJARAN : Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X / 2
STANDAR
KOMPETENSI : Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
KODE
KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 84 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Mengidentifikasi sinyal-sinyal dari calon pelanggan
|
§ Bahasa atau gerak tubuh calon pelanggan dapat diidentifikasi
§ Bahasa atau gerak tubuh konsumen dapat dipa-hami
|
§ Identifikasi gerak tubuh calon pelanggan
|
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam mengidentifikasi pelanggan
§ Menjelaskan Etika dan etiket dalam berkomunikasi
§ Mengidentifikasi bahasa dan gerak tubuh pelanggan
|
§ Pengamatan
|
16
|
6
(12)
|
8
(32)
|
§ SOP
Perusahaan
|
2. Mengajukan pertanya-an konfirmasi keputusan calon pelanggan
|
§ Bahasa yang baik diguna-kan dalam menanyakan keputusan calon pelang-gan
§ Pertanyaan-pertanyaan yang mempercepat pengambilan keputusan diajukan
kepada calon pelanggan, seperti : ”Jadi kapan barang dapat dikirim, pak?”
§ Konfirmasi dilakukan kembali untuk memper-tegas jadi tidaknya pembelian
|
§ Standard Operating Procedure (SOP) perusa-haan untuk melakukan konfirmasi
kepada pelanggan.
|
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam melakukan konfirmasi keputusan
calon pelanggan
§ Menjelaskan Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan untuk melakukan
konfirmasi kepada pelanggan.
§ Menjelaskan penggunaan macam-macam alat komunikasi
§ Menjelaskan Etika dan etiket dalam berkomuni-kasi
§ Menjelaskan penggunaan bahasa yang baik dan benar
§ Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk melakukan
konfirmasi keputusan calon pelanggan
|
§ Tes
lisan
§ Perbuatan
|
26
|
15
(30)
|
13
(52)
|
§ SOP
Perusahaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA
PELAJARAN : Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X / 1
STANDAR
KOMPETENSI : Melakukan proses administrasi transaksi
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU :
84 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Menyiapkan formulir
atau berkas-berkas administrasi
|
§ Daftar formulir atau berkas-berkas adminis-trasi diidentifikasi sesuai
dengan prosedur perusa-haan
§ Formulir atau berkas-berkas administrasi diper-siapkan sesuai dengan
daftar yang telah ditetap-kan
§ Formulir atau berkas-berkas administrasi dipe-riksa kembali
kelengkap-annya.
|
§ SOP tentang formulir atau berkas-berkas
administrasi suatu perusahaan
|
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam
menyiapkan formulir atau berkas-berkas adminintrasi
§ Menjelaskan langkah-langkah prosedur penyiapan
formulir atau berkas-berkas adminis-trasi
§ Menjelaskan jenis dan macam serta kelengkapan
formulir atau berkas-berkas administrasi
§ Mengidentifikasi formulir atau berkas-berkas
administrasi sesuai prosedur perusahaan
§ Mempersiapkan formulir atau berkas-berkas
administrasi sesuai prosedur perusahaan
§ Memeriksa jenis ,macam serta kelengkapan formulir
atau berkas-berkas adminitrasi
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
§ Pengamatan
|
25
|
16
(32)
|
10
(40)
|
§ Modul
§ SOP Perusahaan
§ Bukti-bukti Administrasi
|
2. Menghubungi pihak-pihak yang terkait dengan
transaksi
|
§ Pihak-pihak lain diidentifi-kasi sesuai dengan prose-dur perusahaan.
§ Pihak-pihak lain dihubungi sesuai dengan prosedur perusahaan.
§ Hasil kesepakatan dengan pihak lain dicatat dan dikonfirmasi kembali
§ Hasil kesepakatan ter-sebut diberitahukan kepada pelanggan.
|
§ SOP Perusahaan dalam menghubungi pihak lain atau yang terkait dengan
transaksi setelah kesepa-katan pembelian
|
§ Cermat, teliti, dan
bertanggungjawab dalam menjalin hubungan
§ Menjelaskan SOP perusa-haan dalam menghubungi pihak lain atau yang
terkait dengan transaksi setelah kesepakatan pembelian
§ Menghubungi pihak-pihak yang terkait dengan transaksi setelah
kesepa-katan pembelian
|
§ Tes perbuatan
§ Pengamatan
|
20
|
8
(16)
|
5
(20)
|
§ SOP
Perusahaan
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN : Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR
KOMPETENSI : Melakukan penyerahan atau pengiriman produk
KODE
KOMPETENSI :
ALOKASI
WAKTU : 80 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Mempersiapkan barang yang akan diserahkan atau dikirim
|
§ Daftar spesifikasi produk yang dibeli pelanggan diidentifikasi sesuai
dengan perjanjian yang telah disepakati
§ Produk yang dibeli pelanggan dipersiapkan dan dikemas sesuai dengan
prosedur perusahaan.
|
§ Pengiriman produk
|
§ Cermat, teliti, jujur, sabar, bertanggungjawab dan
kreatif untuk mengidentifikasi produk yang dibeli pelanggan
§ Cermat, teliti, jujur, sabar, bertanggungjawab dan
kreatif dalam membuat daftar spesifikasi produk
§ Menjelaskan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 4
§ Menjelaskan
identifikasi produk yang dibeli pelanggan
§ Mengidentifikasi
produk yang dibeli pelanggan
§ Membuat
daftar spesifikasi produk
§ Mengemas
produk yang dibeli pelanggan
|
· Tes
tertulis
· Tes
perbuatan
· Pengamatan
|
6
|
9
(18)
|
17
(68)
|
· UU No. 8
Tahun 1999
· Modul
· SOP
perusahaan
|
2. Melakukan proses penyerahan produk yang dibeli
pelanggan
|
§ Produk yang dibeli pelang-gan dihitung harganya
dengan tidak mengguna-kan atau menggunakan alat hitung.
§ Total harga produk diberi-tahukan kepada pelanggan,
atau pelanggan diperlihat-kan hasil perhitungan harga.
§ Uang pembayaran dari pelanggan diterima, uang sisa
pembayaran dikemba-likan kepada pelanggan apabila ada sisa pembayar-an.
§ Struk, bon atau kuitansi diisi sesuai jumlah harga
yang dibayarkan pelanggan
§ Struk, bon atau kuitansi diserahkan kepada pelanggan
|
§ Perhitungan harga
§ Administrasi transaksi penyerahan produk
§ Penerimaan uang pembayaran produk yang dibeli pelanggan
|
§ Teliti, cermat, bertanggungjawab, jujur dalam menghitung total harga
produk dengan dan tanpa alat hitung
§ Teliti, cermat, rapi, taat, jujur dalam mengisi bukti-bukti perhitungan
harga produk untuk diperlihatkan kepada pelanggan
§ Teliti,
cermat, rapi, taat, jujur dalam menerima dan mengembalikan uang pembayaran
dari pelanggan
§ Teliti,
cermat, rapi, taat, jujur dalam mengisi formulir transaksi penyerahan produk
§ Menjelaskan
kalkulasi total harga produk yang dibeli pelanggan
§ Menjelaskan
tata cara pengisian bukti-bukti perhitungan harga produk
§ Menjelaskan
tata cara menerima dan mengem-balikan uang sebagai pembayaran dari pelanggan
§ Menjelaskan
tata cara pengisian formulir transaksi penjualan
§ Menghitung total harga produk dengan dan tanpa alat hitung
§ Mengisi bukti-bukti perhitungan harga produk untuk duperli-hatkan kepada
pelang-gan
§ Menerima
dan mengembalikan uang pembayaran pelanggan
§ Mengisi formulir tran-saksi penyerahan produk
§ Mengisi dan menerima bukti-bukti pembayar-an
|
§ Tes
tertulis
§ Tes
perbuatan
|
10
|
18
(26)
|
20
(80)
|
§ Modul
§ SOP
perush
§ Format
perjanjian jual beli
§ Bukti-bukti
transaksi
§ UU No. 8
Tahun 1999
|
NAMA SEKOLAH :
SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
XII / 6
STANDAR KOMPETENSI :
Menagih pembayaran (hasil penjualan)
KODE KOMPETENSI :
PDG.OO 02.037.01
ALOKASI WAKTU :
120 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mengidentifikasi
klausul-klausul perjanjian
|
§
Klausul-klausul perjanjian jual beli
dibaca dan dipe-lajari kembali, seperti jatuh tempo pembayaran, sanksi
keterlambatan pembayaran, dan sebagainya.
§
Pembayaran pelanggan dikonfirmasi ke
bagian keuangan apakah pelang-gan telah membayar produk yang dibeli.
§
Daftar pelanggan yang akan atau telah
jatuh tempo disusun untuk kemudahan menghubungi pelanggan.
|
§ Perjanjian jual beli
|
§ Cermat, teliti, taat azas dan
bertanggungjawab dalam mengidentifikasi
klausul-klausul perjanjian jual beli
§ Cermat, teliti, taat azas dan
bertanggungjawab dalam melaksanakan
konfirmasi kepada bagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang
dibeli
§ Cermat, teliti, taat azas dan
bertanggungjawab pada saat menyusun Daftar
pelanggan yang kewajibannya akan dan telah jatuh tempo
§
Menjelaskan
perjanjian jual beli
§
Menjelaskan
Administrasi keuangan
§ Menjelaskan formulir daftar pelanggan
§
Mengidentifikasi klausul-klausul
perjanjian jual beli
§
Melaksanakan konfirmasi kepada bagian
keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli
§
Menyusun daftar pelang-gan yang
kewajibannya akan dan telah jatuh tempo
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
18
|
20
(40)
|
22
(88)
|
1.UU. No 8 Th. 1999
2.Perjanjian Jual beli
3.Buku Pembantu Utang
4.Buku Pembantu piutang
5.Modul
|
2.
Melakukan kontak
dengan pelanggan
|
§
Daftar pelanggan yang telah disusun,
disiapkan dan diperiksa kembali
§
Pelanggan dihubungi dengan menggunakan
komunikasi lisan atau tertulis sesuai prosedur perusahaan.
§
Pelanggan diingatkan kembali mengenai
klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran
|
§ Komunikasi lisan atau tertulis
§ Klausul perjanjian
|
§ Teliti, tekun, disiplin, taat azas, ramah
dan komunikatif dalam berkomuniukasi dengan pelanggan
§ Menjelaskan Komunikasi lisan atau
tertulis
§ Menjelaskan klausul perjanjian berkaitan
dengan pembayaran
§
Melaksanakan
komunikasi lisan atau tertulis sesuai prosedur perusahaan untuk mengingatkan
kembali klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
8
|
8
(16)
|
14
(56)
|
§ Modul
§ Hand Out Perjanjian jual beli
|
3.
Melakukan proses
penagihan pembayaran
|
§
Waktu dan metode pem-bayaran ditentukan
ber-dasarkan kesepakatan.
§
Jumlah pembayaran berserta denda (jika
ada) dihitung dan disampaikan kepada pelangan.
§
Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau
mengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak
ketiga)
|
§ Penagihan
pembayaran kepada pelanggan
|
§ Teliti, cermat, tekun, taat azas, sabar dan
bertang-gungjawab dalam men-cermati klausul perjanjian
§ Teliti.Cermat, tekun, jujur, taat azas,
sabar dan bertanggungjawab dalam melaksanakan penagihan pembayaran
§ Menjelaskan sistem pem-bayaran
§ Menjelaskan klausul per-janjian
§
Menjelaskan administrasi pembayaran
§ Melaksanakan penagihan pembayaran
berdasarkan klausul perjanjian
§ Mengurus administrasi pembayaran
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
8
|
8
(16)
|
14
(56)
|
§ SOP Perusahaan
§ Faktur penjualan
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN : Kompetensi
Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER : XI / 3,4
STANDAR KOMPETENSI :
Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 112 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mengoperasikan alat
komunikasi
|
§
Panggilan dari alat komunikasi dijawab
dengan cepat dan tanggap sesuai prosedur perusahaan.
§ Informasi dari pemanggil didapatkan secara akurat
dan lengkap
§ Pesan dari pemanggil diterima dan diserahkan kepada
orang yang terkait.
§ Panggilan diakhiri dengan baik sesuai etika dan etiket.
§ Nomor-nomor telepon yang sering dihubungi, dicatat dengan baik dan
akurat.
§
prosedur berlaku.
§ Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai
|
§ Pengoperasian pesawat telepon
|
§ Cermat, teliti, sopan dan tepat azas dalam
berkomunikasi dengan pesawat telepon
§ Cermat, teliti, dalam melaporkan kerusakan pesawat telepon
§ Menjelaskan tatacara pengoperasian alat
komunikasi telepon
§ Menjelaskan fungsi tombol pada pesawat
telepon untuk mendapatkan informasi akurat dan lengkap
§
Menjelaskan
prosedur penanganan informasi
§
Menjelaskan
etika dan etiket berkomunikasi
§ Menjelaskan prosedur pemeliharaan
pesawat telepon
§
Menjawab
panggilan telepon dengan cepat dan tanggap
§
Menerima
informasi secara akurat dan lengkap
§
Menyampaikan
informasi yang diterima kepada yang kompeten
§
Menjawab
panggilan telepon sesuai dengan etika dan etiket bertelepon
§ Mencatat nomor-nomor telepon pelanggan yang
sering dihubungi
§ Melaporkan kerusakan
telepon kepada pihak yang berwenang
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
5
|
5
(10)
|
15
(60)
|
§ Modul
§ Manual pengoperasian pesawat telepon
|
2.
Mempersiapkan dan
mengoperasikan alat hitung
|
§ Fungsi-fungsi perhitung-an dasar dipastikan agar
dapat dioperasikan dengan baik
§ Perhitungan diverifikasi bahwa telah akurat 100%
§ Kerusakan alat dilaporkan kepada
pihak yang ber-wenang sesuai prosedur berlaku.
|
§ Pengoperasian alat hitung
§ Pemeliharaan alat
|
§ Cermat, teliti dan bertanggungjawab dalam
menghitung
§ Cermat, teliti, jujur dan bertanggungjawab
memelihara alat hitung
§
Menjelaskani
fungsi tombol alat hitung
§
Menjelaskan
kebenaran hasil perhitungan
§ Menjelaskan prosedur pemeliharaan alat
§
Mengoperasikan
alat hitung
§
Menghitung
secara akurat
§ Melaksanakan pemeliharaan alat sesuai
prosedur perusahaan
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
§ Pengamatan
|
5
|
5
(10)
|
15
(60)
|
§ Modul
§ Buku Manual mesin hitung
|
3.
Mempersiapkan dan
mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai
|
§ Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur
|
§ Pengoperasian mesin pembayaran tunai
§ Pengoperasian mesin pembayaran non tunai
§ Pemeliharaan mesin pembayaran
|
§ Cermat, teliti bertanggungjawab dan tepat
azas dalam menggunakan mesin pembayaran tunai maupun non tunai
§ Cermat, teliti bertanggungjawab & tepat
azas dalam pemeliharaan mesin
§ Menjelaskan persiapan penggunaan mesin
§ Menjelaskan tatacara memasukkan harga
barang dalam mesin
§ Menjelaskan tatacara identifikasi dan
kodefikasi barang
§ Menjelaskan tatacara me-masukkan nomor
kartu kedalam mesin pembayar-an non tunai
§ Menjelaskan perhitungan total harga dan
pengem-balian uang
§ Menjelaskan prinsip-prinsip pengendalian
uang kas dalam mesin pemba-yaran tunai
§ Mengoperasikan mesin pembayaran tunai
§ Mengoperasikan mesin pembayaran non tunai
§ Melaksanakan pemeliharaan mesin
Melaporkan kerusakan alat kepada yang ber-wenang
sesuai prosedur perusahaan
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
|
14
|
5
(10)
|
15
(60)
|
§ Modul
§ Buku Manual alat pembayaran
§ Format bukti pembayaran
|
4.
Mempersiapkan dan
mengoperasikan alat ukur
|
§ Alat bantu verifikasi diperiksa agar akurat 100%
§ Produk yang dibeli konsumen diukur dengan menggunakan alat ukur yang
sesuai
§ Hasil verifikasi Produk diukur sesuai denganprosedur
§ Hasil pengukuran praduk diperlihatkan dan dibertahukan kepada pelanggan.
§ Alat ukur dirawat, diperiksa dandijaga kebersihannya secara teratur
§ Kerusakan alat ukur dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai
prosedur
|
§ Pengoperasian alat ukur
§ Perawatan dan pengujian alat ukur
§ Pelaporan kerusakan alat ukur
|
§ Cermat, teliti,
jujur dan bertanggungjawab me-laksanakan
verifikasi dengan alat ukur
§ Cermat,
teliti, dan bertanggungjawab dalam merawat dan pengujian alat ukur
§ Menjelaskan identifikasi peralatan
dikaitkan dengan produk yang diukur
§ Menjelaskan prosedur pengukuran produk
§ Menjelaskan pengukuran dengan benar
§ Memahami perawatan dan pengujian alat ukur
§ Memahami prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang
§ Mempersipkan alat ukur sebelumdioperasikan
§ Memilih alat ukur yang sesuai dengan barang yang dibeli konsumen
§ Mengoperasikan alat ukur sesuai prosedur
§ Merawat laporan kerusakan alat ukur kepada pihak yang
berwenang sesuai prosedur
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
§ Pengamatan
|
7
|
5
(10)
|
5
(20)
|
§
Modul
§
Manual
alat bantu verifikasi
|
5.
Mempersiapkan dan
mengoperasikan alat bantu verifikasi
|
§ Alat bantu verifikasi diperiksa agar akurat 100%
§
Uang diverifikasi dengan menggunakan alat
bantu sesuai prosedur.
§ Hasil verifikasi diperlihat-kan dan diberitahukan kepada pelanggan
§ Alat bantu verifikasi di-rawat dan diperiksa se-cara teratur.
§ Kerusakan alat bantu verifikasi dilaporkan kepada pihak yang ber-wenang
sesuai prosedur.
|
§ Pengoperasian alat bantu verifikasi (money
detector)
§ Perawatan alat bantu verifikasi
§ Pelaporan kerusakan alat
|
§ Cermat, teliti,
jujur dan bertanggungjawab me-laksanakan
verifikasi dengan alat bantu
§ Cermat,
teliti, dan bertanggungjawab dalam merawat dan memeriksa alat bantu verifikasi
§ Cermat, teliti, jujur dan bertanggungjawab
dalam membuat laporan keru-sakan kepada pihak yang
berwenang sesuai prose-dur
§ Menjelaskanlangkah-langkah persiapan pengoperasian
alat bantu verifikasi
§ Menjelaskan
cara pengoperasian alat bantu verifikasi
§ Menjelaskan tatacara pe-rawatan dan pengujian alat
bantu verifikasi
§ Menjelaskan prosedur pelaporan kerusakan alat
kepada pihak yang berwenang
§ Melaksanakan verifikasi dengan alat bantu
§ Merawat dan memeriksa alat bantu verifikasi se-cara teratur
§ Membuat laporan keru-sakan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur
|
§ Tes tertulis
§ Tes perbuatan
§ Pengamatan
|
5
|
2
(4)
|
4
(16)
|
§
Modul
§
Manual
alat bantu verifikasi
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
XI / 6
STANDAR KOMPETENSI :
Menemukan peluang baru dari pelanggan
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 70 x 45
menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Menganalisis/mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan
pelanggan.
|
§
Hasil umpan balik dari penjalinan hubungan
dengan pelanggan disiap-kan
§
Daftar umpan balik tentang permintaan baru
pelanggan dicatat/ dikumpulkan
|
§ Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
|
§ Cermat, teliti, obyektif dalam Menganalisis pelanggan
§ Cermat, teliti, obyektif dalam mencatat umpan balik tentang permintaan
baru pelanggan
§ Menjelaskan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,
khususnya bagian III tentang hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha.
§ Menganalisis jalinan hubunan baik dengan pelanggan
§ Mencatat umpan balik tentang permintaan baru dari pelanggan
|
§ Tes lisan
§ Tes perbuatan
|
7
|
5
(10)
|
8
(32)
|
§ UU No 8 Th. 1999
§ Formulir Daftar pelanggan
|
2. Menawarkan produk lain (penjualan silang) yang sesuai dengan kebutuhan
dan keinginan pelanggan
|
§ Daftar kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait dengan produk yang
relevan disiapkan
§ Produk lain yang akan ditawarkan didaftar kelebihannya sehingga dapat
memenuhi keutuhan dan keinginan baru pelanggan.
|
§ Standar mutu produk yang dipakai perusahaan untuk menghasilkan produk.
|
§ Cermat, teliti, jujur dan obyektif dalam melaksanakan survey kebutuhan pelanggan
§ Cermat, teliti dan obyektif dalam memilih jenis dan macam produk yang ditawarkan kepada pelanggan
§ Tatacara mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
§ Menjelaskan jenis dan macam produk yang ditawarkan sesuai standar mutu
produk perusahaan
§ Melaksanakan survey kebutuhan pelanggan
§ Memilih jenis dan macam produk lain yang ditawar-kan kepada pelanggan
sesuai kebtuhan dan keinginan pelanggan
|
§ Tes lisan
§ Tes perbuatan
|
7
|
5
(10)
|
8
(32)
|
§ Modul
§ Formulir Daftar Kebutuhan
§ Daftar harga
|
3. Menindaklanjuti permintaan lain dari pelanggan
|
§ Permintaan baru dari pelanggan dicatat dalam formulir pemesanan
§ Pesanan/permintaan baru pelanggan dikonfirmasi ulang
§ Formulir pemesanan di-tandatangani oleh pelanggan
|
§ Formulir pesanan pelanggan
|
§ Cermat, teliti, rapi dalam mencatat pesanan pelanggan dalam formulir
pesanan
§ Cermat, teliti, rapi dalam melaksanakan komunikasi dan negosiasi kepada
pelanggan.
§ Cermat, teliti, rapi dalam Menunjukkan tatacara
pengisian formulir pesanan kepada pelanggan
§ Cermat, teliti, rapi dalam menyelesaikan formulir pesanan sesuai prosedur
§ Menjelaskan tata cara pencatatan formulir pesanan pelanggan
§ Menjelaskan tata cara komunikasi dan negosiasi
§ Menjelaskan pengisian formulir pesanan pelanggan
§ Mencatat pesanan pelanggan dalam formulir pesanan.
§ Melaksanakan komunikasi dan negosiasi kepada pelanggan.
§ Menunjukkan tatacara pengisian formulir pesan-an kepada pelanggan
§ Menyelesaikan formulir pesanan sesuai prosedur
|
§ Tes lisan
§ Tes perbuatan
|
7
|
5
(10)
|
18
(72)
|
§ Formulir pesanan barang
§ Formulir rekap pesanan barang
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X/2
STANDAR KOMPETENSI : Melaksanakan
Pelayanan Prima (service excellent)
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 60 x 45
menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Melaksanakan
Standar penampilan pribadi
|
§
Sikap, kemampuan dan penampilan dalam
memberikan pelayanan kepada pelanggan
|
. SOP sikap kemampuan dan penampilan dalam
memberikan pelayanan
|
§ Cermat, teliti dan bertanggung jawab dalam menjula
§ Menjelaskan arti sikap dan prilaku seorang penjual
§ Pengaruh penampilan dan kemampuan seorang penjual
§ Hubungan interpersonal penjual
|
§ Tes pengamatan
§ Tes perbuatan
|
4
|
-
|
2
(8)
|
§ Pelayanan Prima
(armico)
|
2.
Menerapkan prinsip-prinsip pelayanan prima
|
§ Pelayanan pelanggan dengan konsep A3
|
§ Pelayanan pelanggan dengan konsep sikap
(attitude)
§ Pelayanan pelanggan dengan konsep perhatian
(attention)
§ Pelayanan pelanggan dengan konsep tindakan
(action)
|
§ Cermat, teliti dan bertanggung jawab
§ Melayani pelanggan dengan penampilan serasi, berpikir positif dan
menghargai
§ Mendengarkan dan memahai kebutuhan pelanggan
§ Mengamati prilaku pelanggan
§ Mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan
§ Tindakan pelayanan kepada pelanggan intern dan extern
|
§ Tes
tertulis
|
15
|
5
(10)
|
16
(64)
|
§ Pelayanan Prima
(armico)
|
3. Memberikan bantuan kepada pelanggan
|
§ Berbagai bantuan yang harus diberikan oleh penjual kepada pelanggan
|
§ Informasi barang jasa yang disediakan perusahaan
|
§ Cemat, teliti dan bertanggungjawab
§ Menjelaskan harga, merk manfaat , kondisi pengendalian atas barang dan
jasa yang akan dibeli
|
§ Tes
tertulis
|
4
|
-
|
2
(8)
|
§ Pelayanan Prima
(armico)
|
4. Melakukan komunikasi dengan pelanggan
|
§ Mengidentifikasi jenis-jenis komunkasi dan media komunikasi
|
§ Komunikasi perseorangan
§ Komunikasi kelompok
§ Komunikasi masa
§ Jenis-jenis media komunikasi
|
§ Cermat, teliti, jujur dan bertanggung jawab
§ Menjelaskan komunikasi perseorangan, kelompok dan masa
§ Menjelaskan jenis-jenis media komunikasi
|
§ Test
tertulis
§ Test
perbuatan
|
12
|
-
|
-
|
§ Pelayanan Prima
(armico)
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Dasar Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X/1,2
STANDAR KOMPETENSI :
Melaksanakan Komunikasi bisnis
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 60 x 45
menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mengidentifikasi penerimaan pesan
|
§ Menafsirkan dan menganalisis karakteristik penerima pesan
|
§ Identifikasi sasaran pesan
§ Mempormulasikan isi suatu pesan
§ Pengaruh isi suatu pesan
|
§ Cemat, teliti, jujur dan tanggung jawab
§ Menjelaskan sasaran suatu pesan
§ Menjelaskan pengaruh isi suatu pesan dan komunikasi
|
§ Tes tertulis
|
12
|
-
|
-
|
§
|
2. Membuat
pesan bisnis
|
§ Mengkomunikasikan
berbagai jenis pesan bisnis
|
§ Surat penawran brosur, booklet dan
sejenisnya
|
§ Cermat, teliti, jujur dan bertanggung jawab
§ Menjelaskan surat dan pesan penawaran barang dan jasa
§ Membuat Jenis-jenis pesan bisnis
|
§ Test tertulis
§ Test
perbuatan
|
10
|
4
(8)
|
-
|
§
|
3. Menggunakan media komunikasi yang tersedia
|
§ Menggunakan media komunikasi telepon, faximile dan
internet
|
§ Berkomunikasi melalui telepon, faximile dan
internet
|
§ Cermat dan teliti
§ Langkah-langkah mengoperasikan telepon, faximile dan internet
|
§ Test
tertulis
§ Test
perbuatan
|
10
|
7
(14)
|
7
(28)
|
§
|
4. Melaksanakan komunkasi bisnis
|
§ Mengaplikasikan komunikasi bisnis
|
§ Melaksanakan promosi dengan teknik personal seling, advertensi, publicity
dan sales promotion
|
§ Cermat, teliti, jujur dan bertanggung jawab
§ Menjelaskan promosi dengan teknik personal selling, advertensi, publicity
dan sales promotion
|
§ Test
tertulis
|
6
|
-
|
4
(16)
|
§
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Dasar Kompetensi Keahlian
Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X/1
STANDAR KOMPETENSI :
Menerapkan prinsip profesional bekerja
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 72 x 45
menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Mengidentifikasi
sektor dan tanggung jawab industri
|
§ Pengidentifikasian
pengertian dan macam-macm industri
§ Pengelolaan
usaha dalam bidang industri dapat diidentifikasi
|
· Arti dan macam-macam industri
· Pengelolaan usaha dan bdang usaha
|
·
Menjelaskan ati dan macam-macam industri
· Menjelaskan
masalah yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan oleh seorang pengelola di
bidang industri
· Menjelaskan
faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk tempat kedudukan dalam
pengelolaan usaha dalam bidang industri
|
· Tes
tertulis
· Test
pengamatan
|
20
|
-
|
-
|
§ BHPD
Setiaji
§ Pengelolan
usaha
Setiaji
|
2.Menerapkan
pedoman, prosedur dan aturan kerja
|
· Merencanakan
kerja efisien
|
§ Daftar
jadwal kerja
§ Efisiensi
kerja
|
· Menguraikan
daftar / jadwal kerja
· Menjelaskan
efisiensi kerja
|
· Pengamatan
|
10
|
-
|
-
|
§ Petunjuk
praktis memimpin perusahaan kecil
PT. Mutiara Jkt
|
3.
Mengelola informasi
|
· Sistem
kepegawaian
|
§ Tujuan
sistem kepegawaian
§ Organisasi
pegawai
§ Prosedur,
proses & tugas pegawai
|
· Menjelaskan
sistem kepegawaian
· Menganalisis
organisasi pegawai
· Menguraikan
prosedur, proses dan tugas pegawai
|
· Test
tertulis
· Instruksi
kerja
|
10
|
-
|
-
|
§ Adm.
Perusahaan Industri
PT.Bima Aksara Jkt
|
4.
Merencanakan pekerjaan dengan mempertimbangkan waktu dan sumber daya
|
· Pengaruh
kondisi fisik kerja terhadap produktifitas
|
§ Manusia
dan pekerjaannya
§ Kondisi
kerja
§ Waktu
kerja dan istirahat
§ Menempatkan tenaga kerja pada kedudukan yang tepat
§ Pendidikan
dan latihan kerja
§ Cara
penerapan disiplin
|
· Mengidentifikasi
manusia dan pekrjaanya
· Menjelaskan
kondisi kerja
· Menguraikan
waktu kerja dan istirahat
·
Menjelaskan
penempatan tenaga kerja pada kedudukan yang tepat
|
· Test
tertulis
· Pengamatan
· Perbuatan
|
10
|
-
|
-
|
§ Adm.
Perusahaan Industri
PT.Bima Aksara Jkt
|
5.
Mengelola kompetensi personal
|
· Kemampuan
tenaga kerja personal
· Pemahaman
hak & kewajiban tenaga kerja menurut UU pokok kepegawaian
·
|
§ Hak dan
kewajiban tenaga kerja menurut UU pokok kepegawaian
§ Merencanakan
kebutuhan tenaga kerja
§ Sumber-sumber
tenaga kerja
§ Prosedur
pengadan tenaga kerja
§ Pembinaan dan pengembangan tenaga kerja perusahaan
|
·
Menjelaskan
hak&kewajiban tenaga kerja menurut UU pokok kepegawaian
· Menguraikan
rencana kebutuhan tenaga kerja
· Menjelaskan
sumber-sumber tenaga kerja
· Menjelaskan
prosedur pengadaan tenaga kerja
·
Menjelaskan pembinaan
dan pengembangan tenaga kerja perusahaan
|
· Test
tertulis
· Pengamatan
·
|
22
|
-
|
-
|
§ Adm.
Perusahaan Industri
PT.Bima Aksara Jkt
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
XI / 3,4
STANDAR KOMPETENSI :
Membuka Usaha eceran/ritel (expansion store opening)
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 72 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Mengidentifikasi
dasar bisnis ritel
|
§ Mengidentifikasi
dasar bisnis ritel
|
§ Analisis peluang pasar
§ Prilaku konsumen
|
§ Cermat, teliti dan bertanggung jawab dalam mengidentifikasi bisnis ritel
§ Menjelaskan analisa peluang pasar
§ Mengidentifikasi prilaku konsumen
|
§ Test tertulis
|
16
|
-
|
-
|
§ Pemasaran Ritel
(PT Sun Jkrt)
|
2. Membedakan
klasifikasi dan diferensiasi bisnis ritel
|
§ Klasifikasi dan diferensiai bisnis ritel
|
§ Membedakan gerai dan peritel
|
§ Menjelaskan pengertian gerai dan ritel
|
§ Test Tertulis
|
8
|
-
|
-
|
§ Pemasaran Ritel
(PT Sun Jkrt)
|
3. Menjelaskan distribusi dalam bisnis ritel
|
§ Menerapkan marketing mix
|
§ Menganalisa dan menerapkan strategi Marketing mix
|
§ Menjelaskan strategi marketing mix
|
§ Test
Tertulis
§ Test
perbuatan
|
24
|
-
|
-
|
§ Pemasaran Ritel
(PT Sun Jkrt)
|
4. Melakukan riset dalam bisnis ritel
|
§ Menyusun dan menganalisa rencana pemasaran ritel
|
§ Sasaran/target pasar
§ Standar performance
§ Anggaran biaya
§ Kontrol dan tindakan korektif
|
§ Menjelaskan target pasar, perpormance, anggaran biaya,monitoring dan
tindkan korektif
|
§ Test tertulis
§ Test perbutan
|
24
|
-
|
-
|
§ Pemasaran Ritel
(PT Sun Jkrt)
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X/1,2
STANDAR
KOMPETENSI : Memahami prinsip-prinsip bisnis
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 72 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mendeskripsikan prinsip-prinsip bisnis
|
§ Prinsip-prinsip bisnis
|
§ Pengertian bisnis
§ Tujuan bisnis
§ Perkembangan bisnis
§ Klasifikasi bisnis
§ Keuntungan bisnis
|
§ Menjelaskan pengertian bisnis
§ Menjelaskan tujuan bisnis
§ Menguraikan perkembangan bisnis
§ Mengklasifikasi jenis-jenis bisnis
§ Menjelaskan keuntungan bisnis
|
§ Test tertulis
§ Pengamatan
|
10
|
-
|
-
|
§ Pengantar bisnis
Alfabeta
DR. Buchari Alma
|
2. Mengidentifikasi hukum paten, merk dan cipta di Indonesia
|
§ Pengidentifikasian hukum paten, merk dan cpat di indonesia
|
§ Pengertian merek dan hukum paten
§ Syarat-syarat merk Status hukum merk dan
cap
§ Tujuan pemberian merk
|
§ Menjelaskan pengertian merk
§ Menyebutkan syarat-syarat pemberian merk
§ Menjelaskan status hukum merk
§ Menjelaskan tujuan pemberian merk
|
§ Test
tertulis
§ pengamatan
|
14
|
-
|
-
|
§ Manajemen pemasran
Drs. Buchori Alma
|
3. Mengidentifikasi hukum perlindungan konsumen
|
§ Undang-undang perlindungan konsumen di identifikasi
|
§ Undang-undang No.8 1999 tentang perlindungan konsumen
§ Tujuan perlindungan konsumen
§ Hak dan kewajiban konsumen
§ Hak dan kewajiban pelaku usaha
|
§ Menjelaskan isi Undang-undang perlindungan konsumen
§ Menjelaskan tujuan perlindungan konsumen
§ Menyebutkan hak dan kewajiban konsumen
§ Menyebutkan hak dan kewajiban pelaku usaha
|
§ Tes
tertulis
§ Tes
pemahaman
|
10
|
-
|
-
|
§ Negosiasi
(yudistira)
|
4. Mengidentifikasi larangan praktik monopoli
|
§ Praketek monopoli dapat teridentifikasi
|
§ Praktek Monopoli dan persaingan tidak sehat
§ Dampak praktek monopoli bagi dunia usaha
|
§ Menjelaskan praktik monopoli dan persaingan sehat
§ Menjelaskan dampak dari praktek monopoli bagi dunia usaha
|
§ Test tertulis
§
|
10
|
-
|
-
|
§ Pengetahuan dagang
(depdikbud)
|
5. Mengidentifikasi peraturan hukum dagang
|
§ Pengidentifikasi hukum dagang
|
§ Pengertian perdagangan
§ Tujuan perdagangan
§ Terjadinya perdagangan
§ Pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan
|
§ Menjelaskan pengertian perdagangan
§ Menjelaskan tujuan perdagangan
§ Menguraikan terjadinya perdagangan
§ Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan
|
§ Test tertulis
§ Test pemahaman
|
18
|
-
|
-
|
§ Pengetahuan dagang
(depdikbud)
|
6. Memahami etika bisnis
|
§ Tanggung jawab dan etika bisnis terhadap masyarakat
|
§ Tanggung jawab bisnis
§ Etika bisnis
|
§ Menjelaskan tanggung jawab pelaku bisnis terhadap konsumen
§ Menjelaskan etika bisnis baik yang berhubungan dengan intern maupun ewxtern
|
§ Test tertulis
§ Test pengamatan
|
10
|
-
|
-
|
§ Pengantar bisnis
(Drs. Buchori Alma)
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
XI/3,4,5,6
STANDAR KOMPETENSI :
Melakukan Pemasaran barang dan jasa
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 126 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mengidentifikasi segmentasi pasar
|
§ Segmentasi pasar diidentifikasi
|
§ Pengertian segmentasi
§ Tujuan segmentasi
§ Syarat-syarat segmentasi
|
§ Menjelaskan Pengerrtian sementasi
§ Menyebutkan tujuan segmentasi pasar
§ Menyebutkan tujuan segmentasi pasar
|
§ Test tertulis
§
|
15
|
-
|
-
|
Melakukan negosiasi
(Yudistira)
|
2.
Menyusun rencana pencapain target pasar
|
§ Tasrget pasar dapat dianalis
§ Sifat barang dan tingkat konsumsinya serta pertanyaan 04 dapat diuraikan
|
§ Target pasar
§ Rencana pemasaran
|
§ Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar
§ Menjelaskan perencanaan pemasaran jangka pendek, menengah dan jangka
panjang
|
§ Test tertulis
|
33
|
-
|
-
|
Pemasaran
barang dan jasa
(Armico)
|
4. Menerapkan prinsip-prinsip marketing mix
|
§ Faktor-faktor
yang mempengaruhi Marketing Mix dapat diuraikan
|
§ Marketing Mix
|
§ Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi Marketing Mix
|
§ Test tertulis
|
10
|
5
(10)
|
-
|
Pemasaran
barang dan jasa
(Armico)
|
5.
Menerapkan system informasi dan teknologi penjualan
|
§ System informasi penjualan dapat diuraikan
|
§ System penjualan
§ Perbedaan Konsep penjualan dengan konsep
pemasaran
§ System penjualan sederhana dan system
penjualan modern
|
§ Menjelaskan system penjualan
§ Membandingkan konsep penjualan dengan konsep pemasaran
§ Membedkan system penjualan sederhana dengan system penjualan modern
|
§ Test tertulis
|
15
|
-
|
-
|
BHPD
(Armico)
|
6.
Menghitung PPn, PPh, PPn BM dan Bea Materai
|
§ Istilah dan penggolongan pajak dapat diuraikan
|
§ PN, PPn BM, PPh dan bea Materai
|
§ Menghitung PPN, PPn BM, PPh dan Bea Materai
|
§ Test Tertulis
|
10
|
23
(46)
|
-
|
Pemasaran
barang dan jasa
(Armico)
|
7.
Menerapkan aturan pokok hukum pertanggungan (asuransi)
|
§ Peristiwa
dan resiko yang dapat diasuransikan
§ Kontrak pengurusan asuransi polis, premi dan penggolongan asuransi dapat
diuraikan
|
§ Pengertian dasar asuransi serta peristiwa
dan resiko
§ Kontrak pengurusan asuransi, polis premi
dan penggolongan asuransi
|
§ Menjelaskan pengertian dasar asuransi serta peristiwa dan resiko
§ Menetapkan kontrak pengurusn polis, premi dan penggolongan asuransi
|
§ Test Tertulis
|
5
|
10
|
-
|
Pemasaran
barang dan jasa
(Armico)
|
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN :
Dasar Kompetensi Keahlian Pemasaran
KELAS/SEMESTER :
X / 1
STANDAR KOMPETENSI :
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan kerja dan lingkungan Hidup (k3LH)
KODE KOMPETENSI :
ALOKASI WAKTU : 48 x 45
menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja
|
§ Menjelaskan ISO 14001 tentang sistem Manajemen lingkungan
§ Menyebutkan dasar hukum K3LH
§ Menjelaskan pengertian K3LH
§ Menguraikan tujuan K3LH
§ Menguraikan syarat-syarat K3LH
|
§ Dasar hukum
§ Pengertian K3LH
§ Tujuan K3LH
§ Syarat-syarat K3LH
|
§ MendiskusikaN ISO 14001 tentang system manajemen lingkungan
§ Menunjukan dasar-dasar hukum K3LH
§ Menerangkan pengertian K3LH
§ Menguraikan tujuan K3LH
§ Menguraikan syarat-syarat K3LH
|
§ Test Tertuls
|
12
|
-
|
-
|
ISO 14001
Permenaker
05//men/1996
UU no14/1969
UU no 1/1970
UU no 3/1992
UU no 13/2003
|
2.
Melaksanakan prosedur K3
|
§ Menjelaskan ruang lingkup K3LH
§ Mengidentifikasi sebab-sebab kecelakaan kerja
§ Mengidentifikasi akibat kecelakaan kerja
§ Menjelaskan pencegahan kecelakan kerja
§ Mencontohkan SOP K3LH
|
§ Ruang lingkup K3LH
§ Sebab kecelakaan kerja
§ Akibat kecelakaan kerja
§ Pencegahan kecelakaan kerja
|
§ Mendiskusikan ruang lingkup K3LH
§ Menguraikan sebab-sebab kecelakaan kerja
§ Mengraikan akibat-akibat kecelakaan kerja
§ Mendiskusikan pencegahan kecelakaan kerja
§ Simulasi SOP K3LH
|
§ Test
lisan
§ Test
tertulis
|
12
|
-
|
-
|
|
3.
Menerapkan konsep lingkungan hidup
|
§ Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
§ Merancang lingkungan kerja yang nyaman
|
§ Pengertian lingkungan hidup
§ Penataan lingkungan kerja
|
§ Mendiskusikan konsep lingkungan hidup
§ Simulasi penataan dan perawatan fasilitas lingkungan kerja
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
|
12
|
-
|
-
|
|
4.Menerapakan ketentuan pertolongan pertama pada
kecelakan
|
§ Menilai dan menanggapi situasi darurat pertolongan pertama
§ Memberikan perawatn yang tepat
§ Memonitor situasi
§ Menyiapkan laporan insiden
|
§ Pengertian P3K
§ Syarat-syarat dan tugas P3K
§ Fasilitas & syarat ruang P3k
|
§ Simulasi darurat yang memerlukan tindakan segera
§ Menganalisis bantuan dari pihak lain
§ Memprediksi kondisi fisik pasien dari tanda-tanda yang dapat dilihat
§ Memberikan pertolongan pertama sesuai dengan prosedur
§ Melaporkan nformasi tentang kondisi korban pada personil
§ Layanan darurat
§ Mendokumentasikan situasi darurat
§ Melaporkan insiden secara jelas, akurat dan tepat waktu
|
§ Tes
tertulis
|
12
|
-
|
-
|
|
No comments:
Post a Comment